Senin, 04 September 2023

Resume materi 5 PKKMB day 2

Pancasila sebagai dasar pembangunan Indonesia Emas. 

Bonus dan tantangan menuju Indonesia Emas adalah jumlah penduduk yang pada masa usia produktif yaitu 15 hingga 64 tahun meningkat bonus demografi ini akan memuncak sekitar pada tahun 2039 dimana komposisi penduduk Indonesia pada tahun tersebut. 

Tantangan yang akan dihadapi oleh Indonesia dalam mempersiapkan bonus demografi ini juga cukup besar salah satunya adalah masuknya paham radikalisme. 

Yang harus dilakukan adalah menggali kembali makna nilai-nilai dari Pancasila sebagai pondasi dan semangat awal untuk memerangi radikalisme dan menuju Indonesia Emas 2045. Selain itu pemahaman karakter manusia di Indonesia yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila. 

Pancasila dan Pembangunan

1. Pada hakikatnya Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional mengandung arti bawah segala aspek harus mencerminkan Pancasila. 

2. Pembangunan nasional adalah untuk manusia Indonesia dimana manusia secara kodratnya memiliki kedudukan sebagai individu yang unggul.

3. Manusia memiliki fungsi monodualistis, tidak hanya mengejar kepentingan dunia tetapi mendapatkan kebahagiaan tujuan tersebut. 

Kedudukan Pancasila dalam pembangunan nasional. 

1. Pancasila harus menjadi kerangka kognitif

2. Pancasila menjadi dasar pembangunan nasional. 

Peran Nahdlatul Ulama' dalam membangun moralitas bangsa menuju Indonesia emas

Nasionalisme kemanusiaan yang dikembangkan oleh NU ialah paham kebangsaan yang memberikan pengakuan kepada seluruh elemen bangsa yang terdiri atas suku, agama, ras, dan antar golongan yang berbeda dan untuk berpartisipasi aktif dalam melaksanakan hak dan kewajiban berdasarkan Pancasila. 

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda